PELATIHAN TATA KELOLA DESTINASI PARIWISATA DI KABUPATEN BADUNG TAHUN 2020

  • 07 September 2020
  • Dibaca: 1021 Pengunjung
PELATIHAN TATA KELOLA DESTINASI PARIWISATA  DI KABUPATEN BADUNG TAHUN 2020

Dalam rangka untuk menjaga potensi pariwisata secara berkesinambungan kepada seluruh insan pariwisata baik masyarakat, pengusaha pariwisata maupun pemerintah diharapkan terus menjaga dan menggali potensi untuk dikembangkan baik potensi dari sumber daya alam maupun sumber daya manusianya. Potensi yang telah dikembangkan menjadi suatu destinasi atau daya tarik wisata hendaknya terus diberikan pembinaan dan keterampilan mengenai sistem managemen pengelolaan sebuah destinasi wisata.

Berkenaan dengan hal tersebut, Dinas Pariwisata Kabupaten Badung melalui dana alokasi khusus non-fisik kepariwisataan mengadakan kegiatan Pelatihan Peningkatan Kualitas Tata Kelola Destinasi Pariwisata yang dilaksanakan selama 3 hari  mulai Senin, 7 September sampai dengan 9 September 2020 bertempat di Swissbel Rainforest Kuta, acara tersebut dibuka oleh Plt. Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Badung. Adapun maksud dan tujuan penyelenggaraan kegiatan tersebut yaitu untuk mendukung daerah khususnya Kabupaten Badung dalam upaya meningkatkan kualitas destinasi pariwisata dan daya saing kepariwisataan daerah, meningkatkan kesejahteraan dan produktivitas masyarakat lokal serta perluasan kerja di bidang pariwisata.

Kegiatan ini melibatkan peserta yang berasal dari 21 anggota Kelompok Sadar Wisata dan Pelu Wisata Kabupaten Badung sebanyak 55 orang. Materi yang diberikan kepada para peserta antara lain konsep tata kelola destinasi pariwisata, pemetaan produk dan pasar destinasi pariwisata, kelembagaan dan kemitraan destinasi pariwisata, gerakan sadar wisata sapta pesona dan pelayanan prima sdm pariwisata, pemberdayaan melalui pengelolaan destinasi pariwisata berbasis masyarakat dan pengembangan produk pariwisata (exploring, packaging, presentation). Instruktur dalam pelatihan ini berasal dari Politeknik Pariwisata Bali dan Universitas Dhyana Pura serta tenaga koordinator pendamping 1 orang dari Universitas Dhyana Pura dan 2 orang tenaga pendamping rekomendasi dari koordinator pendamping. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19 melalui pemakaian masker/face shield, menjaga jarak, pemakaian handsanitizer dan penyemprotan disinfektan pada ruangan. Pada akhir kegiatan akan dilaksanakan kunjungan ke lapangan yaitu Daya Tarik Wisata Jatiluwih Tabanan.

  • 07 September 2020
  • Dibaca: 1021 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita