Mengubah gaya hidup bisa mencegah pemanasan global

  • Dibaca: 26 Pengunjung
Mengubah gaya hidup bisa mencegah pemanasan global

ada 2050 emisi harus mencapai angka nol.

"Kita harus membatasi kenaikan temperatur global untuk mencegah ratusan juta orang dari kemiskinan, menyelamatkan terumbu karang dunia dari kerusakan, dan melindungi komunitas dari banjir, kebakaran, dan gelombang panas," kata Mary Creagh, Ketua Komite Audit Lingkungan Hidup Parlemen Inggris, kepada Independent.

Untuk melakukan itu dibutuhkan transformasi sistem ekonomi global yang segera, besar-besaran, dan terkoordinasi. Artinya, semua orang harus ikut bergerak untuk ikut menyelamatkan dunia.

Partisipasi aktif masyarakat untuk ikut menyelamatkan bumi bisa dimulai dengan cara menjalankan kehidupan sehari-hari yang lebih ramah lingkungan.

Berikut ini beberapa kebiasaan sehari-hari yang bisa Anda ubah untuk berpartisipasi mencegah kenaikan suhu global.

Cuci pakaian dengan air dingin

Cucilah pakaian pada suhu 30 derajat Celsius atau lebih rendah. Pemanasan air untuk mencuci pakaian adalah pemberosan energi besar-besaran dalam rumah tangga.

Menurut klaim dari Kelompok energi efisiensi berbasis di AS, Energy Star, kebiasaan tersebut bahkan menyumbang hampir 90 persen dari energi yang dikonsumsi oleh mesin cuci.

Untuk mencuci, beralihlah ke air yang lebih dingin. Ini dapat membantu menghemat energi dalam jumlah besar, menghilangkan sekitar 725 kg emisi CO2 setiap tahun. Selain itu, siapkan deterjen khusus air dingin untuk memastikan kualitas pembersihan tidak terganggu oleh suhu yang lebih rendah.

Kurangi penggunaan kertas

Anda juga bisa mengurangi penggunaan kertas sebab pembuatannya mengorbankan pepohonan. Anda bisa mengandalkan alat elektronik untuk menulis dan membaca.

Untuk buku bacaan, lebih baik meminjamnya dari perpustakaan dan Anda bisa memilih berbagai tagihan dikirim lewat surel.

Jangan membawa mobil pribadi untuk jarak dekat

Mengutip data Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), sektor transportasi menyumbang 24,71 persen dari total emisi gas rumah kaca (GRK) di Indonesia.

Untuk membantu menguranginya, biasakanlah diri Anda untuk tidak menggunakan kendaraan pribadi bila akan menempuh perjalanan kurang dari 5km. Anda bisa memilih jalan kaki atau naik sepeda dan menghindari mobil untuk perjalanan singkat.

Pilih berlibur di tempat yang dekat dari rumah

Berlibur ke tempat yang dekat dengan rumah Anda juga akan membantu menyelamatkan dunia. Pasalnya, Anda tak perlu menggunakan pesawat terbang.

Sebagian besar penerbangan adalah industri bahan bakar fosil, membakar karbon dalam jumlah besar yang dapat merusak lingkungan secara serius.

Menurut hasil penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Nature Climate Change, pariwisata menyumbang sekitar delapan persen dari emisi gas rumah kaca dunia, dengan perjalanan udara menjadi penyebab utama.

Gunakan LED untuk menerangi rumah

Di rumah, Anda bisa mengganti lampu dengan light-emitting diode (LED) atau alternatif energi rendah. Pilihan lain adalah membuat saklar dari lampu konvensional menjadi alternatif yang lebih efisien dapat menghemat banyak energi.

Menurut Energy Star, penggunaan lampu LED bisa menghemat energi hingga 75 persen dibandingkan dengan lampu pijar.

Kurangi konsumsi daging dan olahannya

Cara lain yang bisa dilakukan adalah mengurangi konsumsi daging dan segala olahannya, seperti susu, keju, sosis, yoghurt. Menjadi vegan bisa jadi salah satu cara untuk mengurangi dampak lingkungan Anda terhadap planet.

Para peneliti di Universitas Oxford menemukan bahwa tidak mengonsumsi daging dan produk susu dalam pola makan harian Anda dapat mengurangi jejak karbon seseorang dari makanan hingga 73 persen.

Bila menjadi vegan terlalu sulit, Anda bisa memulainya dengan jadi vegetarian. Bahkan, menurut Vegetarian Society, peternakan bertanggung jawab untuk hampir 20 persen dari semua emisi gas rumah kaca dari kegiatan yang berhubungan dengan manusia.

Satu atau dua hari tanpa daging dapat membuat pola makan Anda lebih ramah lingkungan.

  • Dibaca: 26 Pengunjung

Artikel Terkait Lainnya