LINGKUNGAN SEKOLAH YANG HIJAU DAN NYAMAN

  • Dibaca: 23 Pengunjung
LINGKUNGAN SEKOLAH YANG HIJAU DAN NYAMAN
Banyak diantara kita yang mengatakan bahwa sekolah yang nyaman adalah sekolah yang mampu menyediakan fasilitas yang lengkap bagi kita. Ada juga yang mengatakan bahwa sekolah yang nyaman adalah sekolah yang memberi kebebasan yang penuh kepada kita, seperti kebebasan membawa HP, kebebasan membawa sepeda motor dan beberapa kebebasan lainnya.
 
            Namun , pernahkah dibenak kita berfikir, bahwa sekolah yang nyaman adalah sekolah yang memiliki lingkungan yang berbeda dengan lingkingan yang ada pada beberapa sekolah pada umumnya. Kebanyakan di bebrapa sekolah mengutamakan fungsi lahan mereka sebagai tempat yang akan dibangun untuk beberapa fasilitas sekolah. Seperti tempat olahraga, tempat untuk berkumpul satu sama lain dan sebagainya. Semua itu tidak salah, akan tetapi, apakah kita merasa nyaman berada pada sekolah yang tidak memiliki lingkungan sekolah yang berbeda dengan lingkungan sekolah pada umumnya ??? Tentu tidak kan!
 
            Sekolah yang hijau, bersih dan nyaman merupakan sekolah yang diantara kita yang mengidam-idamkan sekolah yang memiliki lingkungan seperti itu,. Namun, semua itu bukanlah sebuah angan-angan dan keinginan yang tinggi. Semua itu merupakan salah satu keinginan kecil yang dengan mudah dapat kita rasakan. Dan beruntungnya, kita berada dan bersekolah yang memiliki lingungan seperti itu, bersih, hijau, nyaman dan tidak melupakan fasilitas pendukung pada umumnya.
 
            memang sekolah yang seperti ini merupakan salah satu sekolah yang memiliki nilai lebih, setiap pagi ketika kita datang ke sekolah ini kita sudah di sambut dengan pemandangan taman yang hijau, di tambah lagi dengan pohon-pohon yang berada disekitar kita yang menambah sejuknya suasana, burung yang berkicau dengan merdu terbang dari satu pohon ke pohon yang lainnya. Tentu semua itu merupakan suasana pemandangan yang mahal harganya mengingat masalah yang sedang menerpa dunia saat ini yakni masalah pemanasan global dan krisis lahan hijau.
 
            Dan seharusnya kita bersyukur dan berbangga diri berada pada sekolah yang seperti ini, menghirup udara yang bersih dan sehat, belajar di sekolah yang hijau, lingkingan yang bersih. Mungkin, sebagian kecil diantara kita yang mengatakan dan merasa hal itu merupakan hal yang sudah biasa. Namun bagaimanakah dengan mereka yang berada pada sekolah yang tidak memiliki lingkungan sekolah yang seperti ini, terutama sekolah yang berada ditengah kota dan di piggiran jalan raya?. Tentu setiap hari mereka menghirup udara yangkurang bersih dan sehat, panas dan lain-lain.
 
            Namun yang menjadi pertanyaannya adalah diberikan kepada siapakah solusi yang membicarakan tentang masalah lingkungan ini?. Apakah diberikan kepada sekolah yang belum memiliki lingkungan yang hijau, bersih, dan nyaman atau diberikan kepada sekolah yang sudah memiliki lingkungan yang hijau, bersih, dan nyaman ? tentu semua sekolah harus menerima semua cara dan solusi itu, meskipun cara penanganannya berbeda.
 
            Seperti pada sekolah yang belum memiliki lingkungna yang idaman. Mereka harus melakukan penghijauan pada sekolah dengan cara apapun seperti menaman tanaman di dalam pot, menanam tanamanyang banyak menyediakan  oksigen yang cukup besar , meskipun lahan untuk penghijauan yang sudah sangat menipis.
 
            Dan sebaliknya pada sekolah yang sudah dipandang memiliki lingkungan yang baik. Mereka harus lebih giat lagi merawat lingkungan mereka, dan kalau bisa mereka harus lebih menghijaukan dan menjadikan bersih lingkungan sekolahnya.
 
            Dengan begitu, semua sekolah akan menjadi sekolah idaman.
  • Dibaca: 23 Pengunjung

Artikel Terkait Lainnya