Bimtek KIM Kabupaten Badung

  • 10 Oktober 2018
  • Dibaca: 88 Pengunjung
Bimtek KIM Kabupaten Badung

Dinas Kominfo Kabupaten Badung melaksanakan  Bimbingan Teknis KIM di Kabupaten Badung, dengan tema “pemberdayaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) berbasis website (Teknologi Informasi) dalam upaya peningkatan sumber daya, dan nilai tambah”.Acara itu,berlangsung di ruang pertemuan Gita Gosana, yang diikuti sebanyak 24 peserta, Selasa (9/10). Turut hadir Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Badung yang diwakili oleh Sekretaris A. A. Gede Agung Arimayun, Ketua Panitia selaku Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik A. A Ratu Rat Manacika. Narasumber dari Diskominfo Provinsi Bali, dan Perangkat Daerah Terkait di Kab, Badung.

            Sekretaris A. A Gede Agung Arimayun mengatakan, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) merupakan lembaga komunikasi pedesaan yang dibentuk oleh, dari untuk masyarakat secara mandiri, dan kreatif. Selain itu penerapan Government Public Relation (GPR), melalui KIM. “Ada 2 KIM yang bisa dijalankan, pertama KIM dapat melaksanakan Desiminasi Informasi kepada masyarakat untuk menyampaikan pesan atau Informasi Desa, Kedua KIM dapat menjembatani hubungan antara pemerintah, dan masyarakat yang dapat mendukung program – program serta kebijakan pemerintah”ungkapnya.

            Lebih lanjut dikatakan keterbukaan Informasi Publik dalam bentuk demokrasi,antara lain, untuk melindungi segenap warga negaranya, serta disetiap informasi yang berkembang haruslah disaring dengan benar. “Ia berharap dengan KIM yang sudah terbentuk akan mampu mengaplikasikan dalam mengelola informasi yang ada, KIM harus mampu menjadi sumber Informasi terpercaya,  dan aktual dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas. Disamping itu, mampu tumbuh, dan berkembang secara mandiri, cerdas,  kreatif dalam penataan perkembangan wilayah pedesaan, meningkatkan kemampuan anggota KIM dalam mengakses dan mengelola Informasi dalam rangka mengatasi kesenjangan Informasi.”jelasnya.

            Kabid Pengelolaan Komunikasi Publik A. A. Ratu Rat Manacika dalam melaporkan tujuan diadakanya bimbingan teknis Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) yang merupakan lembaga komunikasi sosial, lembaga komunikasi pedesaan yang dibentuk oleh dari dan untuk masyarakat yang secara mandiri serta mampu mengelola informasi berbasis Website (Teknologi Informasi) dan nilai tambah.

            Lebih lanjut dikatakan pelaksanaan Bimtek ini dilaksanakan selama 3 (tiga) hari,   dari tanggal 9 sampai dengan 11 Oktober 2018, bertempat di ruang pertemuan Dinas Komunikasi, dan Informasi Badung Command Center.  Adapun materi yang diberikan yaitu pembentukan KIM, Jurnalistik, Perencanaan Pembangunan, Pembangunan Desa, Pengembangan Koperasi, UKM dan Perdagangan, Pengelolaan Website.


Caption :

 

Sekretaris A. A. Gede Agung Arimayun disaat membuka Bimbingan Teknis KIM di Kabupaten Badung, Selasa (9/10).

 

  • 10 Oktober 2018
  • Dibaca: 88 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita