APA ITU MEASLES RUBELLA (MR) ?

  • Dibaca: 138 Pengunjung
APA ITU MEASLES RUBELLA (MR) ?

LINDUNGI ANAK DAN KELUARGA KITA DARI BAHAYA CAMPAK & RUBELLA

Apa itu rubella?

Penyakit rubella adalah penyakit menular yang disebabkan oleh virus. Penyakit rubella ini juga dikenal sebagai campak Jerman yang membuat penderitanya mengalami ruam merah dan suhu badan tinggi. Penyebab rubella adalah virus. Virus rubella ini menyebar melalui droplet bersin atau ingus orang yang terinfeksi oleh penyakit rubella atau campak Jerman ini.

Bagi kebanyakan orang penyakit rubella adalah penyakit ringan tapi bagi wanita hamil, rubella adalah penyakit yang bisa menyebabkan konsekuensi serius. Campak rubella sering terjadi pada anak-anak, namun sejak diperkenalkannya program vaksinasi pada 1980-an, penyakit ini telah hampir seluruhnya diberantas.

Gejala Rubella & Penyebab Rubella

Gejala rubella yang utama adalah ruam yang berwarna merah muda khas. Gejala rubella dimulai dengan bintik-bintik dan gatal, sebelum menyebar dari belakang telinga ke kepala, leher, dan kemudian dari tubuh bagian atas. Ruam biasanya berlangsung hingga seminggu. Gejala rubella atau campak Jerman yang utama lainnya adalah pembengkakan kelenjar getah bening di sekitar telinga dan belakang kepala, badan panas hingga bersuhu 38 derajat Celcius atau lebih, dan badan menggigil. Gejala yang kurang umum lainnya pada orang dewasa adalah arthritis dan arthralgia—peradangan dan nyeri sendi.

Penyakit Campak Rubella Berbahaya pada Ibu Hamil

Virus ini dapat menyebabkan sejumlah cacat lahir yang dikenal sebagai congenital rubella syndrom (CRS) atau sindrom rubella bawaan. Cacat lahir ini termasuk cacat mental, katarak, tuli, ketidaknormalan jantung atau penyakit jantung kongenital, dan pertumbuhan janin lebih lambat dari janin normal.

Antisipasi terhadap Penyebab Rubella

Rubella adalah penyakit yang bisa dicegah dengan vaksinasi. Pemberian vaksin MR direkomendasikan pada anak usia 9 bulan sampai kurang dari 15 tahun, dan diberikan melalui suntikan pada jaringan lemak (subkutan) lengan atas.

  • Dibaca: 138 Pengunjung

Artikel Terkait Lainnya