Damkar Cilik Beraksi.

  • 16 Mei 2018
  • Dibaca: 14 Pengunjung
Damkar Cilik  Beraksi.

Kebakaran...kebakaran...kebakaraannnn' teriak beberapa damkar cilik SD 1 Kutuh lanjut beraksi memadamkan api. Begitu melihat bensin terbakar, mereka dengan sigap segera mengenakan baju tahan panas berwarna oranye lengkap dengan helm pengaman sebagai alat pelindung diri (APD).
Beberapa orang anak secara bergantian memadamkan api dengan karung goni basah dan sebagian lagi menggunakan selimut api/fire blanket sampai api benar-benar padam. 
Begitulah suasana edukasi damkar bagi anak sekolah/Fire for Kids yang tampak pagi tadi, Rabu (16/5) di SD 1 Kutuh, Kuta Selatan.
'Suasana seperti ini akan terus berlanjut di semua sekolah di Kabupaten Badung. Yang tidak tercovee tahun ini, tahun depan pasti mendapat kunjungan dari Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kab.Badung untuk diberikan edukasi damkar' ujar Kepala Dinas Kebakaran dan Penyelamatan Kab.Badung I Wayan Wirya, SE.M.Si. Lebih lanjut Wirya yang pernah menjabat sebagai orang nomor 1 di Kuta Selatan ini menyampaikan bahwa Bupati Badung Nyoman Giri Prasta, S.Sos bersama Wakil Bupati Drs. Ketut Suiasa sangat peduli terhadap keselamatan anak sekolah terutama dari ancaman bahaya kebakaran. Karenanya beliau berdua memerintahkan Damkar Badung turun ke sekolah untuk mengenalkan kepada anak sekolah bagaimana cara mencegah kebakaran dan bagaimana cara menangani kebakaran (api dini, red). Melalui Kabid.Pemberdayaan dan Partisipasi Masyarakat Made Yoga Wijaya, SE.M.Si bersama Kasi Penyuluhan Luh Made Sugiarthi, SS.M.Hum dan staf teknis Agus Candra dan Arya Wijaya, Wirya berpesan agar anak-anak jangan bermain api tanpa pengawasan Bapak Ibu Guru atau orang tua. Karena sangat berbahaya, bisa memicu kebakaran' tandasnya. 'Apabila di lingkungan anak-anak ada kebakaran, segera telpon pemadam kebakaran. Nomor yang bisa dihubungi, sudah ada pada poster damkar yang terpasang di sekolah nanti. Dicatat dan informasikan kepada Bapak Ibu di rumah' imbuhnya seraya mengakhiri sesi edukasi damkar hari ini.

Sumber: Ni Luh Made Sugiarthi, SS.M.Hum.

  • 16 Mei 2018
  • Dibaca: 14 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita