MENINGKATKAN PARTISIPASI PRIA DALAM KB

  • Dibaca: 62 Pengunjung
MENINGKATKAN PARTISIPASI PRIA DALAM KB

Peran BKKBN, KUA dan BP4 dalam upaya meningkatkan partisipasi pria dalam KB dan Kesehatan Reproduksi

Dalam upaya meningkatkan partisipasi pria dalam KB dan Kesehatan Reproduksi dilakukan upaya kerjasama antara BKKBN dengan Kementerian Agama (KUA) dan BP4. Hal tersebut dapat terlaksana apabila dalam pelaksanaannya peran masing-masing terwujud secara optimal yaitu:

A. Peran BKKBN

  1. Mengembangkan dan meningkatkan bahan/materi KIE terkait program dan kesehatan Reproduksi bagi calon peserta kursus pra nikah.
  2. Mengembangkan dan meningkatkan fasilitas materi Konseling KB dan Kesehatan Reproduksi yang digunakan oleh Konsultan KUA dan BP4 dalam penyelenggaraan konseling perkawinan dan kursus pra nikah.
  3. Memfasilitasi sosialisasi dan orientasi peningkatan partisipasi pria dalam program KB dan Kesehatan Reproduksi bagi konsultan KUA dan BP4.

B. Peran KUA dan BP4

  1. Menyamakan persepsi di kalangan Konsultan KUA dan BP4 tentang peninkatan partisipasi pria dalam KB dan Kesehatan Reproduksi.
  2. Merumuskan dan mensosialisasikan kebijakan yang mendukung peningkatan partisipasi pria dalam program KB dan Kesehatan Reproduksi.
  3. Mengkomunikasikan kepada calon pengantin bahwa program KB dan Kesehatan Reproduksi bukan tanggung jawab perempuan saja, melainkan tanggung jawab bersama antara suami dan isteri.
  4. Mengembangkan Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, pengetahuan, sikap dan perilaku calon pengantin tentang partisipasi pria dalam program KB dan Kesehatan Reproduksi.
  5. Mendistribusikan materi tentang KB dan Kesehatan Reproduksi kepada para calon pengantin pada saat kegiatan konselin perkawinan dan kursus pra nikah.

admin bidang dalduk

  • Dibaca: 62 Pengunjung

Artikel Terkait Lainnya