KELUARGA SEJAHTERA DARI KAMPUNG KB

  • Dibaca: 23 Pengunjung
KELUARGA SEJAHTERA DARI KAMPUNG KB

Melahirkan Keluarga Sejahtera dari Kampung KB

Banyak pihak berharap Kampung KB menjadi "wahana" pendobrak kelambanan perjalanan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) ke depan. "Dengan pencanangan Kampung KB oleh presiden, diharapkan berhasil pula dicanangkan program KB dengan dua anak saja cukup." ujar Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) dalam sebuah kesempatan beberapa waktu lalu.

Melalui Kampung KB, berharap semakin banyak muncul keluarga yang menjadi sejahtera, bahagia, cukup sandang, pangan, dan papan. Sehingga mereka dapat lebih berperan  aktif membantu memajukan Indonesia ke depan. "Program KB menjadi tanggung jawab kepala BKKBN yan di dalamnya masuk perencanaan keluarga dengan dua anak cukup."

Untuk itu pula Kampung KB yang dicanangkan secara nasional dari Desa Mertasinga dibangun pula di seluruh wilayah Indonesia, dengan spesifikasi daerah yang banyak memiliki keluarga tidak mampu, mata pencaharian tidak tetap, dan banyak anak terlantar. Ke depan akan muncul Kampung KB lainnya di setiap daerah di Indonesia.

Menurut kepala BKKBN, Surya Chandra Surapaty, Kampung KB akan dibangun di lokasi padat penduduk, seperti perkampungan nelayan. "kalau ada daerah yang ingin membangun lebih dari satu Kampung KB, itu lebih baik." ujar Surya Chandra usai mendampingi Presiden mencanangkan Kampung KB di Cirebon.

"Pemerintah mengharapkan kesejahteraan masyarakat di Kampung KB, sebagai kampung percontohan, dapat meningkat setelah mengikuti program KB dan program kependudukan lainnya." ujar Surya Chandra menambahkan.

Kabupaten Cirebon contohnya, dipilih sebagai lokasi pencanangan lantaran Jawa Barat merupakan provinsi dengan penduduk terbanyak di Indonesia. Pernikahan dini menjadi salah satu kasus yang banyak terjadi di provinsi ini.

Kampung KB memang menyasar kawasan miskin dengan tujuan mendidik dan membangun masyarakatnya agar kelak lebih sejahtera. Masyarakat di antaranya akan dididik untuk hidup sehat dan melakukan kegiatan ekonomi produktif agar kesejahteraannya meningkat.

BKKBN menargetkan 514 kabupaten dan kota akan memiliki Kampung KB tahun 2016. Paling tidak hingga awal 2017. Satu Kampung KB ditargetkan ada di setiap kabupaten dan kota. Pencanangan selanjutnya dilakukan gubernur di masing-masing daerah.

admin bidang dalduk

  • Dibaca: 23 Pengunjung

Artikel Terkait Lainnya