MENGEJAR TARGET KAMPUNG KB

  • Dibaca: 52 Pengunjung
MENGEJAR TARGET KAMPUNG KB

Mengejar target di Kampung KB

Dari 514 kabupaten/kota di Indonesia yang ditargetkan mencanangkan Kampung KB pada 2016, hingga saat ini sudah 400 lebih yang telah memiliki Kampung KB.

Kampung KB bukanlah program biasa bagi BKKBN. Ia menjadi tumpuan utama BKKBN dalam menggerakan program Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK) ke tengah masyarakat luas hinga akar rumput. Harapannya, program KKBPK kembali berlangsung gegap-gempita.

"Saya minta seluruh jajaran Eselon I dan II selaku pembina wilayah terus memantau dan melakukan evaluasi terhadap pelaksanaan Kampun KB, dan melaporkan perkembangan program dan kegiatan dari Kampung KB tersebut" ujar Kepala BKKBN, Surya Chandra Surapaty.

Bagi BKKBN, program Kampun KB membutuhkan dukungan seluruh instansi terkait seperti pemerintah daerah dan kementerian. Mari bangun komitmen untuk menjadikan Kampung KB sebagai program yang menjadi urusan bersama antar instansi, sehingga kegiatan-kegiatan yang dilaksanakan di dalamnya dapat konsisten dan berkesinambungan.

Salah satu kementerian yang telah berkomitmen mendukung penuh keberadaan Kampung KB adalah Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK). Dalam pembentukan Kampung KB di Desa Penarungan Mengwi, Kabupaten Badung, Bali beberapa waktu lalu. Menko PMK Puan Maharani menyatakan dukungannya terhadap pelaksanaan program nasional ini harus mendapat dukungan politis, teknis dan operasional.

BKKBN menganggap Kampung KB menjadi program strateis dalam mengimplementasikan kegiatan prioritas Program KKBPK yang disesuaikan dengan kebutuhan dan kondisi wilayah setempat. Kampung KB menjadi pentin bagu Badung contohnya, karena pernikahan di usia 16-18 tahun di kabupaten ini masih banyak terjadi. Kehadiran Kampung KB berpotensi menaikkan rata-rata usia kawin pertama pada usia 21 tahun bai wanita dan 25 tahun bagi lelaki.

Untuk itu BKKBN menargetkan pada 2017 Kampung KB akan ada di seluruh kabupaten dan kota di Indonesia demi terbangunnya keluarga Indonesia yang sejahtera dan berkualitas.

admin bidang dalduk

  • Dibaca: 52 Pengunjung

Artikel Terkait Lainnya