Bintek Pengolahan Pakan Mendukung Pelaksanaan UPSUS SIWAB

  • 20 Agustus 2018
  • Dibaca: 105 Pengunjung
Bintek Pengolahan Pakan Mendukung Pelaksanaan UPSUS SIWAB

Badung - Latar belakang dari kegiatan Bintek Pengolahan Pakan untuk Mendukung Pelaksanaan UPSUS SIWAB (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting) di Kabupaten Badung Tahunn 2018, dalam upaya pengembangan usaha peternakan perlu didukung dengan penyediaan pakan/hijauan pakan yang berkualitas dalam jumlah yang mencukupi dan harga terjangkau oleh peternak. Karena pakan merupakan salah satu sarana produksi yang sangat penting dan merupakan komponen terbesar dalam usaha budidaya ternak, yang berpengaruh langsung terhadap performance, produksi dan produktivitas ternak.

Pada saat musim kemarau peternak kesulitan dalam penyediaan pakan, sedangkan disaat musim hujan ataupun musim panen hijauan pakan/ limbah pertanian  sangat berlimpah dan tidak habis dimakan oleh ternak. Sehubungan dengan hal tersebut diatas maka melalui Program Peningkatan Penerapan Teknologi Peternakan Tahun 2018 dilaksanakan kegiatan Bintek Pengolahan Pakan untuk Mendukung Pelaksanaan UPSUS SIWAB (Upaya Khusus Sapi Indukan Wajib Bunting) di 5 (lima) kelompok di Kecamatan Petang. Dengan demikian diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kelompok dalam mengolah pakan dengan menggunakan bahan pakan yang tersedia di lokasi, sehingga peternak dapat mengatasi kesulitan pakan terutama di saat musim kemarau.

Maksud kegiatan Bintek Pengolahan Pakan untuk Mendukung Pelaksanaan UPSUS SIWAB di kelompok adalah agar kelompok dapat melakukan pengolahan pakan ternak dengan menggunakan bahan baku yang tersedia di lokasi.

Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan kelompok tani ternak dalam pengolahan pakan yang berbasis limbah pertanian dan perkebunan sebagai pakan ternak yang berkualitas, juga untuk  meningkatkan ketersediaan hijauan pakan ternak yang berkualitas terutama pada saat musim kemarau.

Hasil yang diharapkan dari kegiatan ini adalah guna meningkatnya pengetahuan dan ketrampilan kelompok tani ternak dalam pengolahan pakan ternak di 5 kelompok di Kecamatan Petang, juga untuk  tersedianya pakan ternak  berkualitas di kelompok.

Pelaksanaan kegiatan Bintek Pengolahan Pakan Untuk Mendukung Pelaksanaan UPSUS SIWAB ini dilaksanakan pada tanggal 13 Agustus sampai dengan tanggal  20 Agustus 2018,  dengan dilaksanakan di 5 (lima) kelompok yang ada di Kecamatan Petang yakni   :

a.    Kelompok Ternak Arta Giri, Br. Lawak, Desa Belok/Sidan.

b.   Kelompok Ternak Darma Laksana, Br. Belok, Desa Belok/Sidan

c.    Kelompok Ternak Dwi Abadi, Br. Selantang, Desa Belok/Sidan.

d.   Kelompok Ternak Mekar Sari, Br. Sekarmukti, Desa Belok/Sidan.

e.    Kelompok Ternak Sari Merta Pertiwi, Desa Getasan.

  • 20 Agustus 2018
  • Dibaca: 105 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita