Mengenal Fakta Tentang Ayam Brahma, Ukuran dan Harganya Fantastis

  • Dibaca: 37 Pengunjung
Mengenal Fakta Tentang Ayam Brahma, Ukuran dan Harganya Fantastis

Ada berapa jenis ayam yang anda ketahui,  nah dari sekian banyak jenis ayam yang ada, salah satu yang paling menarik, yakni Ayam Brahma. Mungkin tidak semua orang mengenal ayam jenis ini. Untuk itu, simak beberapa fakta tentang ayam brahma yang mungkin saja membuat Anda tercengang.

1.  Asal usul ayam brahma

Ayam brahma memang tidak sepopuler, ayam hutan, ayam negeri (ras), dan ayam-ayam lainnya. Ayam ini merupakan jenis ayam yang berasal dari India, tepatnya di daerah Brahmaputra. Oleh karena itu, ayam ini dinamai ayam brahma. Ayam ini sangat multifungsi karena bisa dijadikan sebagai ayam petelur, ayam pedaging, bahkan jadi ayam hias.

2.  Bentuknya unik

Postur tubuhnya yang padat dan berotot membuat ayam brahma pantas disebut ayam yang memiliki bentuk unik dan langka. Bukan hanya itu, adanya bulu-bulu tebal yang melingkupi seluruh tubuhnya membuat ayam ini semakin menarik. Bulu-bulu tebal itu bukan hanya membalut tubuhnya, melainkan tumbuh hingga kaki dan menutup jari-jari kakinya.

3.  Ukurannya super duper jumbo

Keunikan lainnya dari ayam brahma adalah ukuran tubuhnya yang berbeda dari ukuran ayam-ayam pada umumnya. Biasanya, ayam kampung jantan dewasa hanya bisa tumbuh hingga ketinggian 40 cm, tapi ayam brahma bisa tumbuh hingga ketinggian 70 cm.

4.  Bobotnya di atas rata-rata

Tidak diragukan lagi, ayam brahma merupakan ayam yang berpotensial untuk dijadikan ayam pedaging. Jika biasanya bobot badan ayam kampung hanya mencapai 1,5—2,5 kg, ayam brahma jelas jauh berbeda bobotnya. Untuk ayam brahma betina rata-rata mencapai 4 kg, sedangkan ayam brahma jantan bisa mencapai bobot 6—7 kg.

5.  Harganya fantastis

Di Indonesia, ayam brahma memang tergolong jenis ayam yang susah dicari. Nah, langkanya ayam brahma jadi penyebab tingginya harga yang dijual. Untuk 2 indukan betina dan 1 indukan jantan ayam brahma saja dihargai Rp25 juta. Jika tidak sanggup membeli indukan yang harganya fantastis, Anda bisa membeli ayam brahma anakan. Namun, anakan pun harganya cukup fantastis, yaitu kisaran Rp2 juta.

  • Dibaca: 37 Pengunjung

Artikel Terkait Lainnya