Kandang Terbaik untuk Ternak Ayam Kampung, Empat Tipe

  • Dibaca: 98 Pengunjung
Kandang Terbaik untuk Ternak Ayam Kampung, Empat Tipe

Kandang ibarat rumah, jika rumah Anda sempit, kotor bahkan bocor pasti Anda merasa tidak nyaman, begitu juga dengan ayam kampung. Anda harus menyediakan kandang senyaman mungkin. Ada 4 tipe kandang terbaik untuk ternak ayam kampung, apa saja yang termasuk.

Hal yang terpenting dalam membuat kandang ayam kampung adalah sesuaikan dengan lahan yang Anda miliki. Di bawah ini akan dijelaskan tipe kandang yang bisa Anda gunakan untuk membudidayakan ayam kampung.

1.  Tipe kandang ayam kampung modern

Kandang terdiri atas dua komponen, yaitu kadang indukan serta kandang tempat untuk bertelur ayam dan kandang tempat pembesaran hingga panen. Untuk masalah ukurannya sendiri, bergantung pada luas lahan dan jumlah ayam yang mau Anda pelihara.

Sebagai gambaran jika Anda ingin memelihara 100 ekor membutuhkan luas kandang 150 meter persegi atau P × L = 5 m × 3 m.Kandang di atas harus membutuhkan lahan yang luas jika ingin menampung jumlah populasi ayam yang banyak.

2.  Tipe kandang ayam kampung sistem intensif

Jika ayam kampung tidak berkeliaran ke mana-mana, Anda bisa terapkan sistem intensif. Pemeliharaan dengan cara ini mulai diterapkan oleh peternak ayam kampung skala rumahan dengan memanfaatkan lahan sempit di rumahnya. Keuntungan menerapkan kandang ini sangat efisien. Kandang dibuat bertingkat dan diusahakan mampu menampung banyak ayam. Jaga kandang tetap dalam keadaan bersih agar ayam jauh dari penyakit.

3.  Tipe kandang ayam kampung sederhana

Dengan sistem kandang sederhana ayam tidak mudah stres karena kandang didesain luas dan ayam bisa bergerak dan berjemur dengan bebas. Kandang di atas mampu menampung sekitar 15 sampai 20 ekor ayam kampung ukuran 1 kg. Sebaiknya, ayam sudah berumur 2 bulan untuk dimasukkan ke kandang jenis ini.

Pada bagian kandang belakang tempat berteduh diletakkan tempat bertengger, serta tempat berjemur di atasnya bisa dibuka. Jika pada musim penghujan bagian sisinya ditutup menggunakan terpal atau kain agar ayam tidak kedinginan pada malam hari.

4.  Tipe kandang ayam kampung sistem umbaran

Anda bisa memanfaatkan lahan pekarangan di belakang rumah Anda untuk dijadikan kandang umbaran. Untuk membuat kandang ini, Anda harus membuat kandang keliling sekitar 2 meter agar ayam tidak bisa keluar. Selain itu, Anda harus sediakan tempat pakan dan minum, tempat bertengger dan kandang bertelur. Untuk kandang bertelur dibuat kotak dengan ukuran P×L×T = 36 cm× 36 cm × 36 cm dan terletak di atas ketinggian kurang lebih 55 cm di atas permukaan tanah.

  • Dibaca: 98 Pengunjung

Artikel Terkait Lainnya