Simulasi Bencana Hari Kesiapsiagaan Nasional - Puting Beliung dan Kebakaran Terjang Desa Sedang

  • 04 Mei 2018
  • Dibaca: 117 Pengunjung
Simulasi Bencana Hari Kesiapsiagaan Nasional - Puting Beliung dan Kebakaran Terjang Desa Sedang

Cuaca ekstrem yang melanda wilayah Desa Sedang, Kecamatan Abiansemal, Kamis (26/4) pagi, mengakibatkan bencana angin puting beliung.

Simulasi Bencana Hari Kesiapsiagaan Nasional 


MANGUPURA, NusaBali
Akibat amukan angin yang memporak-porandakan desa, sejumlah rumah warga ikut terbakar.Itu merupakan gambaran simulasi yang diselenggarakan BPBD Badung bersama desa setempat. Simulasi penanganan bencana dalam rangka pembentukan desa tangguh bencana di Desa Sedang dan memperingati Hari Kesiapsiagaan Nasional.

“Kegiatan simulasi seperti ini adalah pertama kali dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia, dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Nasional. Tapi untuk di Badung, juga dalam rangka pembentukan desa tangguh bencana,” kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Badung I Nyoman Wijaya.

Wijaya menyatakan, tujuan dari simulasi untuk memberikan pengetahuan maupun pemahaman kepada masyarakat khususnya kepada forum pengurangan risiko bencana dan relawan bencana yang ada di Desa Sedang. Dengan begitu, bila bencana benar-benar terjadi, para relawan ini telah memiliki kesiapsiagaan menghadapi bencana. 

Untuk di Badung, lanjut Wijaya, kegiatan simulasi bencana sudah dilaksanakan di sejumlah desa di Kecamatan Mengwi dan Abiansemal. Dan akan terus dilakukan sampai 62 desa/kelurahan terbentuk desa tangguh bencana.

Perbekel Sedang I Gede Putu Natih menyampaikan apresiasi kepada Pemkab Badung khususnya BPBD Badung yang telah menggelar simulasi penanganan bencana, serta membentuk desa tangguh bencana di Desa Sedang. Dengan simulasi ini, nantinya bila terjadi bencana, anggota forum pengurangan risiko bencana dan relawan bencana Desa Sedang sudah betul-betul tanggap menangani bencana.Dalam simulasi ini, Desa Sedang melibatkan sebanyak 30 orang dari forum pengurangan risiko bencana, ditambah tim relawan sekitar 130-an orang. *asa
 
  • 04 Mei 2018
  • Dibaca: 117 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita