• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Badung - Puspem Kabupaten Badung Mangupraja Mandala Jalan Raya Sempidi Mengwi-Badung

Baca Berita

Wakil Bupati Suiasa Hadiri Puncak Karya Ngenteg Linggih Pura Paruman, Desa Adat Balangan Kangin

Oleh : badungkab | 24 September 2018 | Dibaca : 41 Pengunjung

Krama pengempon Pura Paruman, Banjar Adat Balangan Kangin, Desa Kuwum, Kecamatan Mengwi, pada Saniscara kliwon wuku wayang, Sabtu (22/9) lalu melaksanakan puncak karya ngenteg linggih pedudusan alit, tawur manca kelud meyama raja. Karya ini dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa bersama Anggota DPRD Badung I Wayan Regep. Pada kesempatan tersebut, Wabup. Suiasa menghaturkan bakti, dilanjutkan tatap muka dengan masyarakat pengempon pura dan menyerahkan dana aci sebesar Rp. 25 juta. Upacara tersebut juga dihadiri perwakilan Camat Mengwi, Perwakilan PHDI Kabupaten Badung I Wayan Redi, Perbekel Kuwum I Nyoman Sumber, Bendesa Adat Balangan Made Sumarta beserta Kelian adat dan dinas Banjar Adat Balangan Kangin serta Tokoh dan Masyarakat setempat.
      Wabup. Suiasa menyampaikan rasa bahagianya mewakili Pemerintah Kabupaten Badung dapat hadir di tengah-tengah masyarakat. Harapannya semoga melalui yadnya ini, ida bhatara selalu memberi keselamatan dan kesejahteraan bagi pengempon pura termasuk masyarakat dan jagat badung. Selain itu yadnya juga sebagai ungkapan terima kasih dan memohon tuntunan dalam kehidupan sehari-hari. Wabup. Suiasa juga berharap, dengan digelarnya upacara ini dapat lebih meningkatkan paiketan pasemetonan, untuk ikut ngrastitiang jagat badung agar selamat dan sejahtera. "Jadikan Yadnya ini sebagai alat pemersatu dan meningkatkan persatuan dan kesatuan krama Desa, " jelas Suiasa.
      Perbekel Desa Kuwum I Nyoman Sumber menyampaikan terima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung melalui Bupati dan Wakil Bupati serta anggota DPRD Bdung yang telah memfasilitasi dan membantu pembangunan di Desa Kuwum. "Kami memyampaikan terima kasih kepada Pemkab. Badung atas perhatian dari Pemerintah yadnya ini dapat terlaksana dengan baik, " terangnya.
      Sementara itu, Ketua Panitia Karya I Gst. Putu Adnyana menyampaikan terima kasih atas kehadiran Pemerintah di tengah-tengah masyarakat, khususnya pada karya di Pura Paruman ini. Berkaitan dengan pembangunan Pura diantaranya penyengker, jineng, bale banjar dan bale subak abian mendapatkan bantuan dana hibah dari Bapak Bupati Badung. Karya ini juga dapat terlaksana dengan adanya bantuan dana dari pemerintah desa sebesar Rp. 280 juta lebih dan punia dari krama pengempon pura. Adapun dudonan karya telah dimulai dari tanggal 11 Agustus 2018 yaitu dengan dilaksanakannya nunas ica, nanceb karya, nunas tirta kahyangan jagat dan 20 Agustus Ida Bhatara mesucian ke segara dan puncaknya pada hari ini.

 

Caption:

Wabup. Suiasa Hadiri Puncak Karya Ngenteg Linggih Pura Paruman, Desa Adat Balangan Kangin, pada Saniscara kliwon wuku wayang, Sabtu (22/9) lalu.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


Oleh : badungkab | 24 September 2018 | Dibaca : 41 Pengunjung


Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



ASPIRASI MASYARAKAT

Kontak Kami

Jl. Raya Sempidi, Mengwi, Badung 80351

(0361) 9066003

(0361) 9066229

diskominfo@badungkab.go.id

Copyright © 2010 - 2018 Pemerintah Kabupaten Badung. Design & Maintenance by Bali Web Design RumahMedia