• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Badung - Puspem Kabupaten Badung Mangupraja Mandala Jalan Raya Sempidi Mengwi-Badung

Baca Berita

Bupati Giri Prasta Komit Dukung Kegiatan Sekaa Teruna Hadiri HUT ST Mandala Giri, Br. Kiadan

Oleh : badungkab | 12 September 2018 | Dibaca : 57 Pengunjung

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri Perayaan HUT ST Mandala Giri, Banjar Kiadan, Desa Pelaga, Sabtu (8/9) lalu. Pada kesempatan itu Bupati didampingi Camat Petang Ida Bagus Nata Manuaba beserta Tripika Petang, Perbekel Desa Pelaga I Gst Lanang Umbara serta Tokoh Masyarakat setempat.
       Ketua ST I Wayan Eka Wiriyanta melaporkan dalam kesempatan ini menyampaikan HUT ST Mandala Giri yang ke-33 mengambil tema "Darma Sancarati, Samkrtim Raksati" yang artinya (Bekerja dan Melestarikan Budaya). Dalam tema diatas dalam pelaksanaan melestarikan Budaya kami sekaa truna sudah melakukan kegiatan latihan tabuh dan tari yang dilaksanakan 3 hari sekali, mereresik ring kahyangan tiga dan ikut terlibat dalam kegiatan upacara keagamaan dilingkungan banjar adat Kiadan. "Sekaa Teruna ini mempunyai tradisi setiap tahun sekali dilaksanakan Perang Untek (Perang Tumpeng) yang dilaksanakan di Pura Taman Biji Desa Adat Kiadan yang dilakukan oleh Sekaa Teruna laki- laki dan perempuan. Dimana perang Untek itu yang memakai Penek (tumpeng yang tidak lancip) yang merupakan lambang laki- laki dan Untek (Tumpeng) yang merupakan lambang Perempuan," paparnya.
       Dalam bidang olahraga sudah banyak event yang diikuti Sekaa teruna ini di ajang Desa, Kecamatan maupun Kabupaten. Hal ini sebagai motivasi kami untuk menghindari pergaulan bebas seperti mabuk- mabukan, narkoba dan lainnya. Dalam HUT ini kami juga mengadakan kegiatan lomba- lomba seperti Makan Krupuk, Mencari Koin dalam Buah, Perang Bantal, Tangkap Belut, Menganyam, Sepak Bola Anak- anak dan Dewasa. Jumlah keseluruhan Sekaa Teruna 150, terdiri dari laki- laki 85 orang dan perempuan 65 orang.
      Perbekel Desa Pelaga I Gusti Lanang Umbara memberikan apresiasi dan Dirgahayu kepada ST Mandala Giri dalam perayaan HUT ke-33 dan bangga semangat sekaa teruna. Untuk mendukung kegiatan tersebut, Gst Lanang Umbara menyerahkan bantuan Rp. 15 juta. 
       Sementara Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan sekaa teruna. Bupati sangat komit terhadap perkembangan sekaa teruna, apapun kegiatan sekaa teruna baik dibidang olahraga maupun seni akan siap didukung. "Apapun kebutuhan sekaa teruna, baik itu sarana olahraga, gong, alat musik, Pemkab Badung siap membantu, " jelasnya. Di bidang pendidikan, Pemkab telah menyiapkan beasiswa bagi anak-anak di badung untuk kuliah keluar negeri. Diharapkan  setelah tamat nanti, mereka kembali untuk memperbaiki kabupaten badung.
      Dibagian lain, Giri Prasta menyampaikan bahwa untuk badung utara akan dikembangkan konsep desa wisata dan akan mewujudkan pertanian yang kontemporer yang akan melibatkan masyarakat petani. "Kami akan bekerjasama dengan petani, dimana lahan pertanian milik petani siap disewa hingga 500 ha. Hasil pertanian ini akan disalurkan ke Badung Selatan sebagai sektor pariwisata. Sehingga diharapkam bangga menjadi petani, " jelasnya. Untuk mendukung pariwisata Badung Utara, Pemkab juga akan membuat kereta gantung, selain itu akan dikembangkan komoditi kopi, peternakan ayam petelor.
       Diakhir acara, guna mendukung kegiatan HUT tersebut Bupati menyerahkan bantuan 20 juta, secara pribadi bupati juga membantu 20 juta.

 

Caption :

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta saat menghadiri Perayaan HUT ST Mandala Giri, Banjar Kiadan, Desa Pelaga, Sabtu (8/9).


Oleh : badungkab | 12 September 2018 | Dibaca : 57 Pengunjung


Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



ASPIRASI MASYARAKAT

Kontak Kami

Jl. Raya Sempidi, Mengwi, Badung 80351

(0361) 9066003

(0361) 9066229

diskominfo@badungkab.go.id

Copyright © 2010 - 2018 Pemerintah Kabupaten Badung. Design & Maintenance by Bali Web Design RumahMedia