• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Badung - Puspem Kabupaten Badung Mangupraja Mandala Jalan Raya Sempidi Mengwi-Badung

Baca Berita

Wujudkan Penyelenggaraan Arsip yang Baik Tim ANRI Serahkan E-Arsip Aplikasi SIKD kepada Pemkab. Badung

Oleh : badungkab | 10 Agustus 2018 | Dibaca : 40 Pengunjung

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa didampingi Wakil Ketua DPRD Badung I Made Sunarta dan Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung Ni Wayan Kristiani, menerima Tim Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang dipimpin Kepala Pusat Jasa Kearsipan ANRI, Amieka Hasraf di Puspem Badung, Kamis (9/8). Kehadiran Tim ANRI ini dalam rangka pendampingan dan penyerahan e-arsip dengan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD).
      Wabup. Suiasa sangat mengapresiasi program dari ANRI yang memberikan aplikasi sofwere SIKD kepada Kabupaten Badung. Hal ini akan sangat mendukung pemerintah daerah dalam mewujudkan penyeranggaraan arsip yang baik menuju pemerintahan yang baik dan akuntabel. Lebih lanjut dikatakan pada era globalisasi ini, informasi merupakan hal penting dalam berbagai kegiatan yang dilakukan organisasi pemerintahan. Berbagai macam dokumen dan media telah tercipta dalam menyimpan, mencari dan menyebarkan informasi. Arsip mempunyai nilai sangat penting, selain sebagai informasi, arsip juga sebagai bahan bukti akuntabilitas kinerja yang dapat dipertanggungjawabkan kenenarannya. Dijelaskan bahwa, langkah ANRI mengembangkan aplikasi SIKD yang merupakan softwere sistem pengelola manajemen kearsipan secara elektronik ini, sejalan dengan kebijakan Pemkab Badung dalam menciptakan tertib arsip dan percepatan pelaksanaan reformasi birokrasi. "Dengan sistem ini kami harapkan proses surat menyurat dapat dilaksanakan secara elektronik sehingga lebih cepat, aman dan sesuai prosedur. Sistem ini agar segera dapat diimlementasikan di masing-masing perangkat daerah," jelas Suiasa.
      Kepala Pusat Jasa Kearsipan ANRI Amieka Hasraf menjelaskan, pendampingan dan penyerahan aplikasi SIKD merupakan bagian dari kebijakan dan kegiatan pembinaan ANRI seiring dengan perkembangan TIK. Kegiatan arsip dinamis juga mendukung pelaksanaan e-government dan percepatan reformasi birokrasi. Melalui pendampingan ini diharapkan dapat meningkatkan keterampilan dan pengetahuan dibidang kearsipan khususnya merubah cara konvensional menjadi berbasis TIK. Selain itu mencapai kesepahaman dan kesamaan sudut pandang tentang arsip, menciptakan SDM yang kompeten dibidang kearsipan dan membangun sistem kearsipan yang mampu menyediakan arsip yang cepat dan akurat. "Aplikasi yang kita kembangkan ini sangat memudahkan dalam pencatatan arsip-arsip yang tercipta dilingkungan OPD. Dukungan dari pemerintah daerah bersama DPRD serta keseriusan dari pimpinan OPD akan sangat menentukan suksesnya pelaksananya aplikasi SIKD ini di Badung," terangnya.

 

Caption :

Kadis Kearsipan dan Perpustakaan Kabupaten Badung Ni Wayan Kristiani disaksikan Wabup Badung I Ketut Suiasa menandatangani berkas penyerahan e-arsip dengan aplikasi Sistem Informasi Kearsipan Dinamis di Puspem Badung, Kamis (9/8).


Oleh : badungkab | 10 Agustus 2018 | Dibaca : 40 Pengunjung


Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



ASPIRASI MASYARAKAT

Kontak Kami

Jl. Raya Sempidi, Mengwi, Badung 80351

(0361) 9066003

(0361) 9066229

diskominfo@badungkab.go.id

Copyright © 2010 - 2018 Pemerintah Kabupaten Badung. Design & Maintenance by Bali Web Design RumahMedia