Bupati Giri Prasta serahkan Bantuan Hibah untuk Pitra Yadnya Di Banjar Adat Lawak

Bupati Giri Prasta serahkan Bantuan Hibah untuk Pitra Yadnya Di Banjar Adat Lawak

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, menghadiri Upacara Nyekah Masal Banjar Adat Lawak, Desa Belok Sidan, Kecamatan Petang, Senin ( 12/8 ). Pada upacara tersebut turut mendampingi Anggota DPRD I Bali Terpilih I Bagus Alit Sucipta, Anggota DPRD Tingkat II Badung I Gst Agung Ayu Inda Trimafo Yudha, Camat Petang I Gede Eka Sudarwitha serta unsur Tripika Kecamatan Petang, Perbekel Desa Belok Sidan I Made Rumawan, serta Tokoh Masyarakat setempat.

       Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, mengatakan  pihaknya memahami betul bagaimana waktu banyak habis  yang di lakukan umat Hindu, dalam kegiatan Yadnya itu sendiri. Selain banyak memakan waktu umat sedarma kata Giri juga korban materil untuk upacara tersebut. "Saya hadir di tengah- tengah masyarakat untuk meringankan beban masyarakat salah satu contoh untuk membantu upacara yadnya seperti sekarang ini. Selain membantu upacara kami di Pemerintah Kabupaten Badung juga membantu dalam pembangunan tempat suci atau Pura begitu juga Bale Banjar, Wantilan dan yang lainnya," katanya di hadapan para krama.

      Bupati asal Pelaga itu pun mengaku bangga dalam upacara yang dihadiri tersebut  ada warga yang tinggal di luar Pulau Bali seperti di Sulawesi dan Sumatera ikut dalam acara nyekah masal. "Jadi bisa kita katakan, walaupun ada di luar pulau masih inget dengan kawitannya yang ada di Bali khususnya di Banjar Adat Lawak ," ungkapnya.

      Dalam kesempatan itu, ia pun mengajak semua krama atau  masyarakat untuk biasa bersatu dalam melaksanakan kegiatan di Masyarakat. Hal itu dilakukan  karena, menurut Bupati jika masyarakat bersatu adalah setengah perjuangan akan berhasil. "Intinya keberhasilan seorang Pemimpin ketika bisa menyatukan Masyarakat dengan tidak keluar dari konsep Tri Hita Karana," katanya.

       Dalam kesempatan tersebut, Bupati Giri Prasta juga membatu krama yang melaksanakan kegiatan upacara Nyekah Masal melalui dana hibah tahun 2018 sebesar Rp 400 Juta.

        Disisi lain, I Wayan Suarsa yang juga merupakan ketua panita dalam kegiatan Nyekah Masal itu banyak terima kasih kepada Bapak Bupati Badung serta undangan yang lain yang sudah bersedia hadir ditengah- tengah masyarakat Banjar Adat Lawak. "Kami sangat berterimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Badung terutama  Bupati Badung yang memberi bantuan dana hibah untuk melaksanakan kegiatan upacara Nyekah Massal, metatah ( potong gigi) dan mepetik," paparnya.

      Kata dia dalam upacara nyekah massal ini di ikuti oleh 24 Sawa ( orang ) yang sudah meninggal, dan dilakukan upacara ngaben. Namun kini diupacarai untuk membersihkan sanggyang atman untuk menuju suaga loka. Selain itu untuk Potong Gigi sebanyak 60 orang dan mepetik sebanyak 20 orang. "Tentunya kami sangat mengharapkan kegiatan ini berjalan sesuai harapan," harapnya.

      Perbekel Desa Belok Sidan I Made Rumawan,  juga mengucapkan banyak terimakasih kepada Bapak Bupati serta undangan yang hadir. Dalam kesempatan itu  Perbekel Desa Belok Sidan juga membantu dana sebesar Rp 50 juta untuk ikut membantu meringankan beban masyarakatnya. "kami berharap dalam melaksanakan kegiatan seperti ini masyarakat harus tetap bersatu dan bergotong-royong agar pelaksanaan upacara berjalan lancar dan tidak ada hambatan," terangnya sembari mengatakan bantuan yang kami berikan hanya untuk meringankan krama.

 

Caption :

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri Upacara Nyekah Masal Banjar Adat Lawak, Desa Belok Sidan, Kecamatan Petang, Senin ( 12/8 ).


  • 13 Agustus 2019
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 28 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya