Wakil Bupati Suiasa Nyaksiang Upacara Pedudusan Agung di Sibang Gede

  • 18 Maret 2019
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 52 Pengunjung
Wakil Bupati Suiasa Nyaksiang Upacara Pedudusan Agung di Sibang Gede

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa nyaksiang upacara melaspas bagia dan caru dalam rangka ngeratep karya piodalan pedudusan agung di Merajan Gede Gria Dalem Sibang Gede, Abiansemal, Sabtu(16/3) lalu. Upacara ini dipuput Ida Pedanda Gde Putra Dalem dari Gria Dalem, Sibang Gede, Ida Pedanda Putra Manuaba, Gria Gde Balangsinga, Ida Pedanda Made Taman Dwija Putra, Gria Pahang, Ida Pedanda Jelantik Giri, Gria Gunungsari, Peliatan, Ida Rsi Agung Adnyana Telabah Pemecutan, Gria Agung, Kerobokan, Ida Bhagawan Putra Dalem Gria Taman Segening, Lumajang, Ida Mpu Ananda Reka Dharma Gria Kusuma, Pemogan. Turut hadir dalam kesempatan tersebut Camat Abiansemal yang diwakilkan Kasi Sosial Wayan Candra beserta tripika, Perbekel Sibang Gede Wayan Darmika, Bendesa Sibang Gede Made Wardana, dan tokoh masyarakat setempat.  Dalam acara tersebut Wabup Suiasa menyerahkan punia secara pribadi sebesar Rp 10 juta kepada Manggala Karya Ida Bagus Gede Wisnu Murti. 

      Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa mengatakan, Pemerintah Kabupaten Badung mempunyai komitmen untuk selalu hadir ditengah-tengah masyarakat. Pelaksanaan upacara yadnya ini untuk mendoakan agar jagat di Kabupaten Badung diberikan kerahayuan dan keselamatan oleh tuhan atau Ida Sang Hyang Widhi Wasa. "Dengan terwujudnya pelaksanaan upacara ini, agar kita semua diberikan keselamatan dan kerahayuan jagat di Kabupaten Badung," kata Wabup Suiasa.  

      Manggala Karya Ida Bagus Gede Wisnu Murti mengatakan, upacara di Merajan Gede Gria Dalem puncaknya pada tanggal 20 Maret 2019 atau buda wage menail, purnama kedasa. Upacara ini dinamakan ngeratep karya piodalan pedudus agung gede. "Karya ngeratep ini kita laksanakan, karena di tahun 2014 yang lalu pernah dilaksanakan upacara yang lebih besar berupa karya pedudusan agung pada bulan Januari tahun 2014," katanya.

       Lebih lanjut dikatakan saat ini pada rahina saniscara kliwon uye tanggal 16 maret 2019 dilaksanakan upacara pemelaspasan bagia pula kerti, penyajeng, mecaru tawur panca rupa yang bertempat di jaba merajan gede. "Untuk upacara pecaruan kita persembahkan kepada seisi alam dan semesta dengan harapan kita bisa mencapai keseimbangan alam baik itu alam bhur, bwah swah, agar kita bisa berinteraksi dengan para penyungsung pura, semeton-semeton, menyama braya, dan yang lainnya," tambahnya. 

 

Caption:

Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa disaat menghadiri karya piodalan pedudusan agung di Merajan Gede Gria Dalem Sibang Gede, Abiansemal, Sabtu(16/3) lalu.

  • 18 Maret 2019
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 52 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita