Harapkan Sekaa Teruna Penuh Kreatifitas, Inovasi serta Terobosan dan Adektif Bupati Badung Hadiri HUT ke-38 ST. Dwarawathi Br. Gambang Mengwi

  • 18 Februari 2019
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 37 Pengunjung
Harapkan Sekaa Teruna Penuh Kreatifitas, Inovasi serta Terobosan dan Adektif  Bupati Badung Hadiri HUT ke-38 ST. Dwarawathi Br. Gambang Mengwi

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Jumat (15/2) yang lalu menghadiri HUT ke-38 Sekaa Teruna Dwarawathi, Banjar Gambang, Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi. Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Penglingsir Puri Ageng Mengwi A.A. Gde Agung, Anggota DPRD Badung I Nyoman Satria, Camat Mengwi I Gst Ngr Gede Jaya Saputra beserta unsur Muspika, Perbekel Mengwi I Ketut Umbara, Ketua LPD dan LPM Desa Mengwi, Karang Taruna Wiratama Mandala Desa Mengwi, Bendesa Adat Mengwi AA Gelgel, Kelian Adat dan Dinas se-Desa Mengwi serta Tokoh Masyarakat setempat.

      Dalam sambutannya Bupati Giri Prasta memberikan apresiasi atas kekompakan krama Br. Gambang dalam melaksanakan kegiatan HUT Sekaa Teruna Dwarawathi ." Saya apresiasi kepada ST. Dwarawathi yang sudah kompak dan bersatu dengan krama banjar untuk ikut  melaksanakan program-program pemerintah dan pembangunan di Kabupaten Badung," ungkapnya.

      Dijelaskan, Pola Pembangunan Nasional Semesta Berencana (PPNSB). Ada dua hal yang komit dilakukan Pemkab Badung. Pertama, membantu kebutuhan pribadi masyarakat seperti, kesehatan, pendidikan, PBB dan wifi gratis. Kedua, kebutuhan komunal seperti, peson-peson, pembangunan wantilan, pura, piodalan, bale banjar ditanggung pemerintah. Maka masyarakat tidak perlu mengeluarkan dana untuk itu, sehingga dana yang mesti dikeluarkan bisa dikelola di rumah tangga, Melalui program ini ekonomi masyarakat Badung akan meningkat dan astungkara kemiskinan akan turun hingga nol persen. Sesuai dengan visi dan misi Memantapkan arah pembangunan Kabupaten Badung Berlandaskan Tri Hita Karana menuju masyarakat badung maju damai dan sejahtera dengan enam prinsip dasar pembangunan yang berkelanjutan di Kabupaten Badung yaitu Pro Poor (memihak pada rakyat miskin), Pro Job (mendukung upaya peningkatan lapangan pekerjaan), Pro Growth (mendukung pertumbuhan Ekonomi), Pro Culture (mendukung budaya dan kearifan lokal masyarakat),Pro Environment (Pelestarian Lingkungan) dan Pro Law Enforcement (kepatuhan terhadap hukum). Dengan program dan kebijakan yang pro rakyat, Bupati ingin menjadi salah satu tokoh nasional bahkan tokoh internasional. "Untuk menjadi tokoh internasional, diperlukan sikap yang loyal dan royal. Loyal itu  komitmen, royal itu berani mengorbankan waktu, untuk masyarakat," terangnya.

      Lebih lanjut  Giri Prasta menghimbau kepada seluruh sekaa teruna untuk tidak mengganggu ketertiban umum, tidak mabuk-mabukan dan tidak mengkonsumsi obat-obatan terlarang seperti narkoba dan narkotika. Dijelaskan, bahwa sekaa teruna sebagai generasi millenial akan selalu didorong untuk menjadi enterprenuership dan agen perubahan (agent of change). "Selain memberi beasiswa kuliah gratis ke luar negeri. Pemerintah juga akan memberi penguatan modal kepada sekaa teruna, sehingga mampu menjadi wirausaha muda yang mandiri dan menjadi agen perubahan, Melalui tema HUT ST Dwarawati "Kreatifitas Muda Tanpa Batas"  saya berharap agar sekaa teruna penuh Kreatifitas dengan melaksanakan inovasi serta terobosan dan adektif yang bermakana bagaimana kita melihat tanda-tanda, bagaimana kita melakukan solusi dan bagaimana kita mengkomunukasikan dan memutuskan." imbuhnya.

      Sementara itu Ketua Panitia I Putu Pasek Edi Mardika melaporkan jumlah anggota sekaa teruna saat ini sebanyak 94 orang terdiri dari 65 laki-laki dan 29 perempuan. “ Adapun rangkaian  kegiatan HUT STT ini telah dilaksankan mulai minggu 10 Februari 2019 dengan kegiatan jalan santai selanjutnya diadakan berbagai macam lomba-lomba yang melibatkan Sekaa Teruna, Krama dan anak-anak diantaranya ; lomba makan kerupuk, lomba memasukan paku dalam botol, lomba lari kelereng dan pertandingan tenis meja. Untuk mengajegkan seni adat dan budaya bali, kami Sekaa Teruna juga menggelar lomba diantaranya; lomba ngulat tipat, metanding canang dan lomba mengulat pancake,” lapornya.

      Puncak perayaan HUT Sekaa Teruna Dwarawathi ke-38 ditandai dengan pemotongan tumpeng dan dirangkai dengan peresmian mars dan hymne ST. Dwarawathi oleh Bupati Badung.

      Untuk mendukung kegiatan HUT tersebut, Bupati menyerahkan bantuan sebesar Rp. 24 juta, selaku pribadi Beliau juga membantu Rp. 10 juta, Bantuan dari Desa Mengwi Rp. 10 juta dan Anggota DPRD I Nyoman Satria Rp 6 juta.

 

Caption :

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Jumat (15/2) yang  lalu menghadiri HUT ke-38 Sekaa Teruna Dwarawathi, Banjar Gambang, Desa Mengwi, Kecamatan Mengwi.

  • 18 Februari 2019
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 37 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita