Bupati Badung Hadiri Karya Pasupati Purana di Pura Penepi Siring Warung Babakan

  • 16 Januari 2019
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 83 Pengunjung
Bupati Badung Hadiri Karya Pasupati Purana di Pura Penepi Siring Warung Babakan

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menghadiri Karya Pasupati di Pura Penepi Siring Warung dan Pura Wates Banjar Adat Babakan, Desa Adat Canggu, Kec. Kuta Utara, Senin, (14/1) lalu. Dalam kesempatan tersebut Bupati Giri Prasta didampingi Wakil Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Badung I Bagus Alit Sucipta, Anggota DPRD Badung I Nyoman Sandra, dan I Gede Ariantha, Camat Kuta Utara A.A. Ngurah Arimbawa, Perbekel Desa Canggu I Nengah Lana, Bendesa Adat Canggu I Nyoman Sujapa serta Kelian Adat dan Dinas Se-Desa Adat Canggu. Bupati menyerahkan Pasupati Purana kepada pengempon Pura Penepi Siring Warung. Purana Pura merupakan sejarah yang memuat tentang pembangunan Pura, Pelinggih, Ista Dewata (Dewa Sungsungan), Odalan, Aci (upacara dan upakara), masyarakat pengempon, pemaksan, dan laba pura. Purana tersebut dapat pula memberikan informasi mengenai kepemangkuan, memuat macam pantangan yang harus ditaati, serta berbagai kewajiban yang harus dilaksanakan di pura itu, atau hal yang dianggap penting untuk dicatat dan disampaikan kepada generasi berikutnya.

        Bupati Giri Prasta mengatakan, Purana ini harus dijaga dengan baik dan benar, karena sejarah di Bali yang pertama adalah Puri yang ke dua ada Pura, ketiga ada Purana, keempat ada Puruhita dan kelima ada Para. Puri di dalamnya mengandung sejarah, selanjutnya Pura juga ada sejarahnya bahkan Pura Dalem Penepi Siring Warung ini memiliki sejarah dan itu sudah ada dari 341 tahun yang lalu. "Itulah warisan leluhur kepada semeton yang ada di Babakan Desa Canggu ini dan yang harus kita lestarikan," jelasnya. Dijelaskan bahwa, tanggung jawab Bupati selaku Pemerintah yaitu untuk meringankan beban masyarakat, bukan hanya di Babakan saja, namun di seluruh Kabupaten Badung. Bila perlu "Badung Angelus Buana" yaitu Badung Berbagi dari Badung untuk Bali. Pemerintah akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat, karena pemerintah paham bahwa Umat Hindu khususnya banyak waktunya habis di adat dan juga banyak uang habis untuk kegiatan yadnya. Untuk itu Pemerintah membantu itu semua, agar dapat mengurangi beban masyarakat. "Saya berharap warga masyarakat Canggu beserta tokoh-tokoh masyarakat Canggu dapat bersatu. Saya yakin rasa sagilik saguluk saluwung luwung sabayantaka dapat terwujud. Inilah tatanan yang harus kami buat dengan baik sehingga generasi yang ada di Babakan, Canggu akan menjadi pewaris sehingga kedepannya dapat melestarikan dan ikut dalam menjalankan tatanan dresta, perarem serta awig-awig. Inilah yang harus dikuatkan oleh Desa Adat," terangnya.   

       Bendesa Adat Canggu I Nyoman Sujapa mengucapkan terima kasih kepada Bupati Badung dimana pada tahun 2017 telah memberikan dana sebesar 1,2 milyar untuk membangun wantilan di Pura Dalem Penepi Siring. Diketahui di Canggu ada tiga Pura sebagai Penyibeh atau pembatas bumi yaitu yang pertama adalah Pura Kahyangan Jagat Batu Bolong yang diempon oleh 3 Banjar diantaranya Banjar Pipitan, Umabuluh dan Kayu Tulang, kedua, Pura Batu Mejan yang diempon oleh 2 Banjar yaitu Banjar Canggu dan Banjar Padang Linjong, dan yang terakhir adalah Pura Dalem Penepi Siring Warung yang menjadi perbatasan antara Kecamatan Kuta Utara dan Kecamatan Mengwi. Purana Pura Dalem Tepi Siring ini dilontari oleh Bendesa Adat Kapal I Ketut Surdasana yang mengetahui sejarah dan sastra berdirinya Pura Penepi Siri Warung tersebut. I Nyoman Sujapa berharap kepada Pemerintah Kabupaten Badung selanjutnya agar dapat membantu pembangunan Pura Dalem Penepi Siring Warung, yaitu tembok penyengker, serta peralatan tabuh seperti Gong Gede dan Adi Mardangga. "Kami berharap semoga generasi muda dapat selalu mengajegkan purana tersebut dan menjadikan sebagai media pendidikan serta pembelajaran, karena purana Pura Dalem Penepi Siring itu adalah proses yang melahirkan pura dari abad ke-17 yang merupakan warisan benda purbakala," jelasnya.

 

Caption :

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta menerima Purana Pura sebelum diserahkan kepada pengempon Pura saat Karya Pasupati di Pura Penepi Siring Warung dan Pura Wates Banjar Adat Babakan, Desa Adat Canggu, Kec. Kuta Utara, Senin, (14/1) lalu.

  • 16 Januari 2019
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 83 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita