Kunjungan Staf Ahli Presiden ke Desa Punggul "Kagumi Penggunaan Dana Desa dan Aplikasi Desa"

  • 16 Januari 2019
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 54 Pengunjung
Kunjungan Staf Ahli Presiden ke Desa Punggul "Kagumi Penggunaan Dana Desa dan Aplikasi Desa"

Pemerintah Desa Punggul, Jumat (11/1) lalu mendapat kunjungan istimewa dari Staf Ahli Presiden yaitu Prof. Dr. Ahmad Erani Yustika. Dari kunjungan tersebut Beliau sangat mengagumi pengelolaan maupun arah penggunaan dana desa serta aplikasi desa yang diterapkan oleh Desa Punggul sebagai Desa Digital.

      Perbekel Punggul Kadek Sukarma, S.Kom menjelaskan, penggunaan dana desa tahun 2019 ini diarahkan untuk tiga bidang. Meliputi yang pertama, finishing lapangan futsal, tribun dan fasilitas Gym. Nantinya fasilitas ini digunakan sport center dan sepenuhnya dikelola oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes). “Selain menggalakkan kegiatan olahraga bagi masyarakat, juga kami harapkan dapat mendongkrak sumber pendapatan bagi Desa Punggul,” tambahnya. Kedua, penggunaan dana desa tersebut untuk melatih 10 orang anak muda tamatan SMA yang belum bekerja. Dilatih praktek IT mulai dari perakitan computer hingga jaringan termasuk aplikasi. Dipastikan tenaga yang dilatih ini pasti bekerja, karena pihaknya sudah membuat MoU dengan perusahaan computer, begitu tamat sudah siap disalurkan ke sana. Sebelum disalurkan, akan dimanfaatkan di desa untuk membackup aplikasi desa. Yang ketiga, untuk menataan dan melengkapi sarana Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Desa Punggul. “Paud di Punggul gratis, termasuk antar jemput, pakaian, dan sarana prasarana. Ada tambahan kegiatan lagi, yaitu ada tirta yatra, dharma yatra khusus mengunjungi tempat-tempat untuk belajar, pengenalan satwa dan sebagainya,” ungkapnya.

      Sementara untuk aplikasi Desa, Sukarma menambahkan desa Punggul, bahkan semua Desa di Badung wajib memakai aplikasi SIGADIS (Sistem Informasi Geografis Administrasi desa Terintegrasi), didalamnya terdapat 10 fitur yang diterapkan. Sigadis mencakup pelayanan data base kependudukan, pelayanan surat menyurat termasuk pelaporan. “Sigadis merangkum didalamnya ada Siadek, Gisdes, Sigap (Siaga Penduduk Pendatang), manfaat aplikasi buat perangkat desa dan buat warga, termasuk administrasi diantaranya administrasi umum, administrasi pembangunan, administrasi kependudukan dan administrasi keuangan (Siskeudes),” jelasnya.

       Dalam kesempatan tersebut, Staf Ahli Presiden Prof. Dr. Ahmad Erani Yustika mengatakan bahwa, kunjungan ke Desa Punggul ini guna memastikan program Presiden RI salah satunya mengenai dana desa sudah berjalan dengan baik. Diharapkan, arah penggunaan dana desa tersebut tepat sasaran. “Kami sangat mengapresiasi, karena Desa Punggul telah memanfaatkan dana desa ini untuk pembangunan fisik maupun pemberdayaan sumber daya manusia. Selain itu kami sangat kagum dengan aplikasi Desa yang diterapkan di Punggul. Ini akan sangat memudahkan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Keberhasilan Desa Punggul ini perlu kami angkat secara nasional,” pungkasnya.

      Dalam kunjungan tersebut, Staf Ahli Presiden didampingi tiga orang dari Tim Kementerian, Kadis PMD PD Provinsi Bali Ketut Lihadnyana, Tim Ahli Provinsi, Koordinator Pendamping Desa Provinsi Bali, Kadis PMD Kab. Badung Putu Gede Sridana beserta Sekretaris PMD, Camat Abiansemal I Gst. Ngr. Suryajaya. Sementara dari desa Punggul, Perbekel Punggul didampingi BPD dan perangkat desa.

 

Caption :

Kadis PMD Kab. Badung Putu Gede Sridana dan Perbekel Punggul Kadek Sukarma mendampingi Staf Ahli Presiden yaitu Prof. Dr. Ahmad Erani Yustika saat mengunjungi Desa Punggul, Jumat (11/1) lalu.

  • 16 Januari 2019
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 54 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita