Prospektif, Badung Genjot Budi Daya Ikan Air Tawar PIP Badung 2018 Sasar Subang dan Purwakarta

  • 04 Desember 2018
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 73 Pengunjung
Prospektif, Badung Genjot Budi Daya Ikan Air Tawar  PIP Badung 2018 Sasar Subang dan Purwakarta

Mangupura - Pekan Informasi Pembangunan (PIP) Badung 2018 akan berupaya menggali kiat untuk pengembangan budi daya ikan air tawar seperti lele, mujair dan nila. Untuk ini, PIP akan menyasar dua kabupaten di Jawa Barat yakni Subang dan Purwakarta.

     Hal tersebut terungkap saat pembukaan PIP Badung 2018 di rumah jabatan Bupati, Puspem Badung, Senin (3/12) kemarin. Hadir pada pembukaan tersebut Wakil Bupati Badung Drs. Ketut Suiasa, S.H., Wakil Ketua DPRD Badung Nyoman Karyana dan Made Sunarta, Asisten I IB Yoga Segara, Kadis PUPR IB Surya Suamba, plt. Kadis Pertanian Oka Swadiana, Kabag Humas Putu Ngurah Thomas Yuniartha, dan Kabag Umum Nyoman Suardana, peternak dan sejumlah petugas penyuluh pertanian (PPL). Acara ini juga melibatkan wartawan media cetak dan elektronik.

     Ketua Panitia yang juga Kabag Humas Putu Ngurah Thomas Yuniartha mengungkapkan, tema PIP 2018 ini yakni “Pengembangan Budi Daya Ikan Air Tawar guna Mendukung Ketahanan Pangan di Kabupaten Badung”. Sebagai daerah tujuan wisata, katanya, Badung memerlukan ketahanan pangan salah satunya ikan air tawar.

    Menurutnya, kebutuhan ikan air tawar cukup besar. Namun sampai kini, peternak Badung belum mampu memenuhi kebutuhan tersebut. Selain untuk konsumsi wisatawan, kebutuhan bagi masyarakat lokal juga cukup tinggi dengan berkembangnya aneka kuliner yang menggunakan ikan air tawar sebagai menu sajian. “Karena itu, budi daya ikan air tawar sangat prospektif dalam rangka meningkatkan taraf ekonomi masyarakat,” tegasnya.

    Menurut mantan Camat Abiansemal tersebut, kegiatan ini juga melibatkan kalangan wartawan dari media cetak maupun elektronik. Hal ini, katanya, sebagai bentuk sinergitas pemerintah dengan media dalam pembangunan.  

    Dengan momen ini, tegasnya, media akan dilibatkan langsung dalam pembangunan yang dirancang pemerintah mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan. “Di dalamnya tentu saja ada unsur pengawasan maupun peluang untuk memberikan masukan terkait sebuah program,” katanya.

      Dalam sambutannya sebelum membuka PIP Badung 2018 ini, Wabup Badung Drs. Ketut Suiasa, S.H. menyatakan, ketahanan pangan merupakan salah satu kebijakan strategis yang dirancang Pemkab Badung. Selain beras dan bahan pangan lainnya, ketersediaan ikan air tawar juga sangat dibutuhkan baik untuk konsumsi wisatawan maupun warga lokal.

     Karena kebutuhan sangat tinggi, tegasnya, budi daya ikan air tawar sangatlah prospektif. Hal ini didukung lagi oleh potensi dan sumber daya manusia (SDM).

      Selama ini, tegas pejabat asal Kuta Selatan tersebut, kebutuhan ikan air tawar Badung banyak didatangkan dari luar daerah. Salah satunya Banyuwangi. “Karena potensi inilah, Badung layak mengembangkan budi daya ikan air tawar,” katanya.

     Selain mendorong budi daya, ungkap mantan Wakil Ketua DPRD Badung tersebut, Pemkab Badung juga memberikan pendampingan dalam pemasaran maupun pengolahan. “Kami akan memberikan pendampingan mulai hulu hingga hilir,” katanya.

      Terkait dengan terlibatnya pers dalam kegiatan ini, Suiasa menyatakan, Pemkab Badung memberi ruang besar kepada pers untuk terlibat dalam proses pembangunan yang dirancang. “Kami menjadikan pers sebagai pelaku utama, tak lagi sekadar sublematif,” tegasnya.

     Kebutuhan ikan air tawar untuk Badung mencapai 5-8 ton per hari. “Produksi masih sangat jauh dari kebutuhan,” tambah plt. Kadis Pertanian Oka Swadiana.

     Dipilihnya Subang dan Purwakarta, menurutnya, karena kedua kabupaten ini telah sukses membudidayakan ikan air tawar termasuk pembenihannya. Kedua kabupaten ini memiliki kolam-kolam ikan air tawar yang cukup luas.

 

Caption :

Wakil Bupati Badung Ketut Suiasa memberikan pengarahan kepada peserta saat pembukaan PIP Badung 2018 di rumah jabatan Bupati, Puspem Badung, Senin (3/12) kemarin.

 

  • 04 Desember 2018
  • Oleh: badungkab
  • Dibaca: 73 Pengunjung

Berita Terkait Lainnya

Cari Berita