• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Badung - Puspem Kabupaten Badung Mangupraja Mandala Jalan Raya Sempidi Mengwi-Badung

Baca Berita

Wabup. Suiasa Mendem Pedagingan di Pura Sari Tegalnarungan

Oleh : badungkab | 18 April 2017 | Dibaca : 67 Pengunjung

Krama Banjar Adat Tegalnarungan, Desa Adat Sobangan, Mengwi melaksanakan Karya mamungkah, ngenteg linggih, mupuk pedagingan, menawa ratna dan tawur balik sumpah agung di Pura Sari, Banjar Adat Tegalnarungan, yang puncaknya pada buda umanis medangsia, 26 April 2017 mendatang. Rangkaian karya tersebut pada Senin (17/4) kemarin dilaksanakan upacara rsi gana, melaspas agung, dan mendem pedagingan yang dipuput Yajemana Karya Ida Pedanda Griya Babakan Cau Blayu. Upacara tersebut dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa, didampingi anggota DPRD Badung I Nyoman Satria dan Camat Mengwi I Gst. Ngr. Gede Jaya Saputra. Wabup. Suiasa mendem pedagingan di pelinggih padmasana serta melakukan persembahyangan bersama dan medana punia 15 juta.
           Wabup. Suiasa menyampaikan, bahwa Pemkab Badung mengapresiasi dan selalu mendukung masyarakat badung dalam melaksanakan karya. Sudah menjadi komitmen Pemkab Badung dalam upaya melestarikan dan mengambangkan seni, adat, agama dan budaya di Badung salah satunya melalui karya ini. Untuk itu diharapkan krama selalu menjaga rasa kebersamaan, persatuan dan kesatuan diantara krama. Selain itu Suiasa juga mengajak krama Banjar Tegalnarungan untuk ikut mendukung program-program yang dilaksanakan Pemkab Badung sehingga pembangunan disegala bidang dapat dilaksanakan dengan baik menuju kesejahteraan masyarakat.
            Sementara itu Pemucuk Karya I Nyoman Laka didampingi Nyaka Karya Utama I Wayan Sujana mengatakan, pelaksanaan karya ini serangkaian telah rampungnya pemugaran Pura Sari. Biaya yang dihabiskan untuk pembangunan fisik termasuk Karya mencapai 1,6 milyar. Dana tersebut bersumber dari bantuan Pemkab Badung melalui dana BKK sebesar 1 M serta dana punia masyarakat. Mengenai karya, telah dimulai sejak bulan Pebruari lalu. Setelah karya melaspas dan mendem, akan dilanjutkan dengan tawur balik sumpah agung pada sukra umanis langkir, 21 April dan Puncak karya buda umanis medangsia 26 April. Dari puncak karya, ida bhatara nyejer hingga 3 Mei yang diakhiri dengan upacara nyegara gunung, mekebat daun, ngremek, nyenuk, bangun ayu, rsi bhujana, nuwek lan nyineb bagia pulakerti.
 
Caption.
Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa disaat menghadiri Karya mamungkah, ngenteg linggih, mupuk pedagingan, menawa ratna dan tawur balik sumpah agung di Pura Sari, Banjar Adat Tegalnarungan, Senin (17/4) kemarin.
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 


Oleh : badungkab | 18 April 2017 | Dibaca : 67 Pengunjung


Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



HUBUNGI KAMI

Kontak Kami

Jl. Raya Sempidi, Mengwi, Badung 80351

(0361) 9009406

(0361) 9009407

info@badungkab.go.id

Copyright © Pemerintah Kabupaten Badung. Design & Maintenance by Bali Web Design RumahMedia