• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Badung - Puspem Kabupaten Badung Mangupraja Mandala Jalan Raya Sempidi Mengwi-Badung

Baca Berita

Giri Prasta Hadiri Upacara Ngenteh Linggih

Oleh : badungkab | 12 April 2017 | Dibaca : 80 Pengunjung

Bupati Badung Giri Prasta hadiri upacara Ngenteg Linggih di Pura Dalem Panglan, Desa Kapal Kecamatan  Mengwi, Selasa (11/4). Turut hadir dalam kesempatan tersebut  Camat Mengwi  I Gusti Ngurah  Jaya Saputra  serta tokoh masyarakat  setempat. Giri Prasta dalam kesempatan tersebut menyambut baik memberikan apresiasi pada pengempon pura yang sudah bergotong royong dalam melaksanakan pembangunan pura dan dilanjutkan dengan upacara Karya Mamungkah, Ngenteg Linggih ,Mupuk Pedagingan  lan Mapedudusan Agung. "Kekompakan dan gotong royong ini merupakan modal penting untuk melaksanakan pembangunan dan ini harus tetap dipertahankan sehingga dapat terwujudnya kesejahteraan masyarakat. Mudah-mudahan pelaksanaan upacara ini berjalan lancar," ungkap Giri Prasta.
          Lebih lanjut Pejabat asal Petang menyampaikan kepada masyarakat agar dresta dan awig-awig yang sudah ada di Panglan bisa diteruskan kepada generasi muda. "Hal ini adalah tugas dari penglingsir desa agar Dresta desa dan awig-awig bisa diteruskan kepada generasi muda sehingga generasi muda paham dresta dan awig-awig desa sehingga kedepannya dapat terwujud persatuan dan kekompakan generasi muda terutama dalam melestarikan adat serta budaya Bali," pesannya.
         Sementara itu Ketua Panitia Karya, I Gst. Ngurah Sudana mengatakan dengan telah berakhirnya pembangunan pelinggih  di Pura Dalem Panglan, Desa Kapal Kecamatan  Mengwi ,masyarakat  Desa Adat Panglan  melaksanakan Karya Mamungkah, Ngenteg Linggih ,Mupuk Pedagingan  lan Mapedudusan Agung  yang puncaknya akan dilaksanakan  pada Selasa kliwon medangsia,  25 April 2017 yang akan datang. "Adapun Susunan Karya ini di awali pada  Selasa kliwon Dukut, 10 januari  2017 dengan melaksanakan upacara matur piuning  dan  ngeruak,  selanjutnya Rabu umanis Dukut 11 januari 2017 di laksanakan nyukat  karang ,dan hari ini  Selasa umanis (11/4) dilaksanakan melaspas pelinggih lan mendem pedagingan," ungkap I Gst. Ngurah Sudana. Upacara ini di puput  oleh tiga sulinggih  yaitu Ida Peranda dari Griya Timbul Mengwi , Ida Peranda Grya Buda Banjar Jadi Tabanan dan Ida pedanda Griya Sidemen Gulingan Mengwi.
         Dalam upacara tersebut Bupati Badung Giri Prasta didaulat untuk melaksanakan Mendem Sekar di Pelinggih Gedong dan menandatangani prasasti yang dilanjutkan melakukan persembahyangan dengan masyarakat pengempon Pura Dalem Panglan. di akhir persembahyangn Bupati Giri Prasta juga memberikan punia sebesar Rp. 500 juta.
 
Caption.
Bupati Badung Giri Prasta disaat menghadiri upacara Ngenteg Linggih di Pura Dalem Panglan, Desa Kapal Kecamatan  Mengwi, Selasa (11/4).
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 


Oleh : badungkab | 12 April 2017 | Dibaca : 80 Pengunjung


Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



HUBUNGI KAMI

Kontak Kami

Jl. Raya Sempidi, Mengwi, Badung 80351

(0361) 9009406

(0361) 9009407

info@badungkab.go.id

Copyright © Pemerintah Kabupaten Badung. Design & Maintenance by Bali Web Design RumahMedia