• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Badung - Puspem Kabupaten Badung Mangupraja Mandala Jalan Raya Sempidi Mengwi-Badung

Baca Berita

Melaspas dan Ngeratep Petapakan Pura Dalem Majapahit Blahkiuh

Oleh : badungkab | 20 Maret 2017 | Dibaca : 47 Pengunjung

Krama pengempon Pura Dalem Majapahit, Banjar Benehkawan, Desa Blahkiuh, Abiamsemal melaksanakan upacara melaspas dan ngeratep petapakan barong landung, pada wraspati kliwon warigadian, Kamis (16/3) lalu. Upacara ini digelar serangkaian telah selesainya perbaikan (ngodak) tapakan barong landung. Upacara melaspas dan ngeratep medasar caru tersebut dipuput Ida Pedanda Istri Gria Agung Abiansemal. Upacara dihadiri Wakil Bupati Badung I Ketut Suiasa yang didampingi anggota DPRD Badung I Gst. Ngr. Shaskara, I Nyoman Sentana, I Made Subawa dan IB Sunarta. Hadir pula Sekcam Abiansemal beserta tipika Kecamatan Abiansemal, perbekel dan bendesa adat blahkiuh serta klian se-Blahkiuh. Wabup. Suiasa bersama krama melakukan persembahyangan. Usai sembahyang Wabup. suiasa diberi kesempatan untuk meletakkan bunga emas di salah satu tapakan. Guna mendukung upacara tersebut Wabup. Suiasa menyerahkan dana punia sebesar 20 juta dan pribadi dari Bupati Giri Prasta sebesar 10 juta.

            Dalam dharma wecananya Wabup. Suiasa sangat mengapresiasi upacara melaspas dan ngeratep petapakan yang dilaksanakan krama pengempon Pura Dalem Majapahit. Hal ini tentu didasari dengan hati suci yang tulus iklas serta sesuai dengan dresta desa setempat. Tentunya Pemkab Badung akan selalu mendukung dalam upaya pelestarian dan pengembangan seni, adat, agama dan budaya yang telah menjadi salah satu skala prioritas pembangunan di kabupaten Badung. Di bagian lain Suiasa mengharapkan, rasa kebersamaan dan menyama braya yang telah terbangun diantara krama pengempon agar tetap dijaga dengan baik sehingga Pemkab Badung akan lebih mudah melaksanakan program pembangunan di masyarakat. "Kami harap krama dapat mendukung program-program dari Pemkab, yang tentunya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteran masyarakat Badung," ujarnya.
            Ketua Panitia I Made Sukerta menyampaikan, pelaksanaan ngodak tapakan barong landung ini didasari atas keinginan para pemundut yang merasa cepat panas bila mundut tapakan barong landing sehingga disepakati untuk memperbaiki tapakan tersebut. Perbaikan dilaksanakan selama 1 bulan dengan sumber dana dari swadaya pengempon sebanyak 63 KK. Biaya yang dihabiskan sebesar 75 juta. Mengenai rangkaian upacara, setelah melaspas dan ngeratep dilanjutkan melasti dan mepinton ke Pura Bantas Ayunan pada Sabtu (18/3) dan puncak piodalan pada anggara kliwon julungwangi 21 Maret ini. Menurut cerita Pura Dalem Majapahit juga bernama Dalem Surya karena letaknya di Barat. Tapakan yang berstana yakni Barong Landung lanang istri dengan kober wewangi berwarna kuning.
 
Caption :
 
Upacara melaspas dan ngeratep petapakan barong landung di Pura Dalem Majapahit, Banjar Benehkawan, Desa Blahkiuh, Abiamsemal, pada wraspati kliwon warigadian, Kamis (16/3) lalu.
 


Oleh : badungkab | 20 Maret 2017 | Dibaca : 47 Pengunjung


Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



HUBUNGI KAMI

Kontak Kami

Jl. Raya Sempidi, Mengwi, Badung 80351

(0361) 9009406

(0361) 9009407

info@badungkab.go.id

Copyright © Pemerintah Kabupaten Badung. Design & Maintenance by Bali Web Design RumahMedia