• Selamat Datang di Website Resmi Pemerintah Kabupaten Badung - Puspem Kabupaten Badung Mangupraja Mandala Jalan Raya Sempidi Mengwi-Badung

Baca Berita

Bupati Giri Prasta Hadiri Nyekah Kurung Banjar Buangga

Oleh : badungkab | 02 November 2016 | Dibaca : 102 Pengunjung

Bupati Badung I Nyoman Giri Prasta, Jumat (28/10) kemarin menghadiri upacara pitra yadnya "nyekah kurung" di Banjar Buangga, Desa Getasan, Kecamatan Petang, Badung. Pada kesempatan itu, Bupati  menyaksikan langsung prosesi puncak upacara nyekah dengan didampingi Sekcam Petang I Gede Sudarwita, Perbekel Getasan dan prajuru adat lan dinas se-Desa Getasan.
            I Wayan Renci, selaku Ketua Panitia melaporkan bahwa upacara pitra yadnya "Nyekah Kurung" di Banjar Buangga diikuti oleh 19 sawa/sekah. Puncak upacara selain dilaksanakan upacara purwa daksina dan meprelina juga diisi dengan mepetik dan mesangih atau potong gigi dengan peserta 23 orang.
            Adapun dudonan karya sudah dimulai sejak rahina buda kliwon Pahang (12/10) diawali dengan matur piuning,  weraspati umanis pahang (13/10) nyukat karang,  wraspati pon krulut (20/10) nunas tirta, kemudian sukra wage krulut (21/10), ngadegan ida batara kahyangan tiga, mekarya sanganan.  Anggara pon merakih (25/10), nunas tirta ring soang-soang kawitan, pada buda wage merakih (26/10) mekarya ulam upakara, weraspati kliwon merakih (27/10) mecaru nyuciang pakarangan, ngangget don bingin dan ngajum. Puncak karya dilaksanakan pada  sukra umanis merakih atau Jumat (28/10) kemarin dengan melaksanakan upacara purwa daksina, metatah, ngening dan ngaskara. Upacara nyekah kurung ini diakhiri dengan nyegara gunung pada saniscara paing merakih (29/10).
            Upacara ini sendiri dilandasi oleh semangat kebersamaan dan gotong royong. Tidak hanya oleh pengempon sekah/sawa, namun juga krama Banjar Adat Buangga.
Sementara Bupati Giri Prasta dalam sambutannya mengaku salut dan menyampaikan apresiasi atas semangat warga dalam melaksanakan upacara pitra yadnya ini. Ia juga berharap semangat tulus iklas dan gotong royong dalam melaksanakan yadnya bisa terus dipupuk.
Terlebih, Pemkab Badung, kata bupati mulai tahun 2017 akan memprogramkan nyekah gratis, baik nyekah yang dilaksanakan desa maupun di banjar. "Tityang (saya) turut mendoakan agar para pitra yang diupacara atiwa-atiwa (nyekah, red) ini bisa mendapatkan tempat yang terbaik disisi-Nya. Dan semoga dudonan karya ini bisa berjalan lancar sampai selesai," katanya.
            Sebagai bentuk bakti dan dukungan terhadap upacara ini, bupati menyerahkan dana punia sebesar Rp 30 juta yang diterima langsung oleh ketua panitia nyekah.


Oleh : badungkab | 02 November 2016 | Dibaca : 102 Pengunjung


Lihat Arsip Berita Lainnya :

 



HUBUNGI KAMI

Kontak Kami

Jl. Raya Sempidi, Mengwi, Badung 80351

(0361) 9009406

(0361) 9009407

info@badungkab.go.id

Copyright © Pemerintah Kabupaten Badung. Design & Maintenance by Bali Web Design RumahMedia